ruangguru quora

Wiki Article

Jika anda miliki hobi membaca, apalagi tulisan-tulisan nonfiksi, tentu kamu nggak asing lagi bersama dengan istilah artikel. Kamu bisa mendapatkan postingan artikel pada rubrik khusus di majalah, koran, atau artikel ilmiah yang mampu kamu temukan di Google Scholar, Scopus, dan lain-lain. Bahkan, sementara ini pun kamu tengah membaca sebuah artikel, lho.

Hmm, namun apa sih yang dimaksud bersama dengan artikel itu? Bagaimana struktur dan apa saja jenis-jenis artikel? Simak penjelasan berikut, ya.

Pengertian Artikel

Artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibikin untuk dipublikasikan di sarana cetak maupun sarana sosial. Artikel memiliki tujuan untuk memberikan gagasan disempurnakan information dan fakta yang disajikan didalam bentuk tulisan. Sebuah artikel bisa meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca, lho. Menurut kamu, dikala membaca Blog Ruangguru, faedah apa yang dirasakan? Komen di bawah yaa~

Tujuan Artikel

Setiap hal yang kami cobalah untuk sampaikan dalam tulisan, tentu saja miliki tujuan, ya guys. Tulisan-tulisan tersebut seandainya teks prosedur yang tujuannya untuk berikan petunjuk, teks eksplanasi untuk menjelaskan sesuatu. Nah di artikel ini kita membahas tentang target dari teks artikel.

Tujuan dari artikel dapat di lihat dari 2 sudut pandang, yaitu tujuan bagi penulis artikel, dan tujuan bagi pembacanya. Tujuan teks artikel bagi penulis iyalah:

Sarana untuk memberikan gagasan,
Sarana untuk berpikir secara sistematis,
Sarana publikasi hasil kesimpulan secara ilmiah,
Sarana untuk menguraikan atau mengkaji pokok persoalan yang udah ditentukan oleh peneliti,
Sarana untuk menjelaskan atau mengkaji suatu kasus cocok bidang pengetahuan tertentu.
Nah itu tadi lebih dari satu obyek artikel bagi penulis. Sementara itu, obyek dan fungsi yang diterima pembaca artikel adalah sebagai berikut:

Sarana beroleh pengetahuan dan informasi

Sarana untuk mengedukasi

Sarana hiburan bagi pembaca


Ciri-ciri Artikel

Setelah tau tujuan artikel dari segi penulis maupun pembaca, saat ini kita pelajari mengenai apa saja tanda-tanda artikel, ya! Kamu dapat mengidentifikasi sebuah teks artikel, jika postingan berikut memiliki ciri sebagai berikut:

1. Isi tulisan di dalam artikel didasari oleh fakta
Seluruh postingan dalam artikel merupakan kejadian yang nyata dan bukan sebuah rekayasa penulis maupun mitos.

2. Bersifat faktual dan informatif
Artikel berwujud faktual yang artinya berdasarkan kenyataan dan memiliki kandungan kebenaran. Serta informatif yang berarti menambahkan informasi berdasarkan hasil penelitian yang bisa dipastikan kebenarannya.

3. Mengandung opini atau ide yang subyektif
Artikel ditulis berdasarkan gagasan atau opini penulisnya. Akan tetapi, pemikiran selanjutnya dilandasi oleh fakta, hasil penelitian, maupun teori.

4. Artikel ditulis secara singkat, padat, dan jelas

Agar enteng untuk diterima pembaca, artikel termasuk ditulis bersama dengan komunikatif, tidak bertele-tele, dan ringkas. Maka berasal dari itu artikel termasuk disebut sebagai tulisan ilmiah populer.

5. Penulisan artikel dibikin bersama sistematis

Artikel memiliki bagian-bagian khusus dan ruangguru quora ditulis secara sistematis, supaya pembaca mampu mengerti isinya bersama dengan mudah.

Nah, setelah anda memahami pengertian dan ciri-ciri artikel. Kira-kira anda tertarik nggak untuk memicu artikel? Eiits, tapi sebelum akan itu, anda harus mengerti dulu gimana struktur sebuah artikel.

Hmm, layaknya yang kami tahu, tiap tiap teks pasti memiliki struktur. Dengan menyadari struktur teks, kami bisa lebih ringan untuk membawa dampak artikel, lho!

---

Sebelum lanjut ke materi struktur artikel, saya sudi kasih tau program persiapan UTBK terlengkap berasal dari Ruangguru, nih! Yu, klik banner ruang guru online gratis di bawah untuk Info lebih lanjut~

Paket Kilat UTBK

Struktur Artikel

Secara umum, susunan artikel terdiri dari tiga bagian, yakni anggota Pernyataan pendapat atau tesis, bagian argumentasi, dan bagian pengakuan kembali atau reiterasi. Penjelasannya tersedia di bawah ya:

1. Pernyataan pendapat atau tesis
Bagian pada struktur artikel ini ruang guru di laptop berisi deskripsi aktual yang mutlak untuk dijadikan pijakan pembahasan di di dalam artikel.

2. Argumentasi
Kemudian, anggota argumentasi yang berisi persoalan yang coba dibahas dan dapat dikupas secara faktual dan informatif.

3. Pernyataan ulang atau Reiterasi

Bagian susunan artikel yang paling akhir yaitu berisi kata-kata kunci yang merangkum pembahasan ke dalam bentuk simpulan.

Jenis-jenis Artikel

Berdasarkan langkah penyampaian dan tingkat kesulitan, type artikel dibedakan jadi empat macam nih. Kita bahas jenis-jenis artikel satu persatu ya:

1. Artikel praktis

Artikel praktis merupakan artikel yang mengutamakan keterampilan daripada pengembangan pengetahuan. Artikel ini condong naratif, bermakna pesan yang disusun sesuai bersama rangkaian waktu, peristiwa, atau tahapan.

Kamu dulu membaca artikel perihal saran sebabkan suatu hal atau langkah memperbaiki dan mengoperasikan suatu alat? Nah, itu termasuk ke didalam artikel praktis.


2. Artikel enteng

Hal utama yang dibahas dalam artikel ini ialah kasus yang gampang dan nggak butuh pemahaman yang mendalam. Biasanya, penulis mengemas artikel ini dengan humor atau memberi kesan menghibur pembaca, namun isinya tetap informatif ya.

Jadi, pembaca tidak kudu berkonsentrasi penuh untuk membaca sebuah artikel ringan. Kamu mampu menemukan artikel ini di majalah remaja, koran, atau blog. Contohnya kayak di Blog Ruangguru di bawah ini.

3. Artikel opini

Secara lazim semua artikel adalah opini. Tapi, jenis artikel ini hanya tersedia di didalam surat kabar atau majalah yang miliki penempatan khusus, lho. Penempatan khusus ini terdapat di dalam rubrik seandainya kolom opini, tajuk rancangan atau editorial, dan lain-lain. Oh ya, kebanyakan artikel ini membahas suatu masalah secara mendalam, menjadi akan lebih baik seandainya penulis kudu memiliki pemahaman dan sudah ahli di bidang tersebut.

4. Artikel anggapan ahli

Jenis artikel ini dapat dikatakan bentuk artikel yang paling “serius” di antara artikel lainnya. Artikel analisis ahli memuat laporan sistematis mengenai hasil kajian atau penelitian, seumpama skripsi, tesis, disertasi atau penelitian lainnya.

Ciri khasnya yakni penyajiannya yang tidak panjang lebar tetapi tidak kurangi nilai keilmiahannya. Biasanya artikel ini dimuat pada jurnal-jurnal ilmiah. Bedanya, artikel lain biasa manfaatkan bhs populer, tetapi artikel ini kudu memakai bhs baku atau ilmiah. Beberapa orang menyebutnya artikel ilmiah.

Report this wiki page